Home Wawasan Hazard 1815 : The Year That Changed The World?

1815 : The Year That Changed The World?

29
0
SHARE

Tahun 1815 merupakan tahun yang spesial. Tahun ini adalah 200 tahun sejak tahun 1815 yang spesial itu. Setidaknya dua peristiwa penting dalam geologi terjadi pada tahun ini.

Yang pertama, William Smith menyelesaikan peta Inggris & Wales pada tahun ini. Ini merupakan peta geologi pertama yang berskala nasional. Peta geologi ini juga yang menjadi rujukan utama peta-peta geologi di Inggris dan juga di dunia. Besarnya pengaruh peta ini membuat Simon Winchester menulis buku “The Map That Changed The World” yang bercerita tentang hubungan Smith dengan Geological Society.

Yang kedua tentu peristiwa yang akan selalu terkenang dalam sejarah. Tambora meletus pada tahun ini. Tambora yang berada di Sumbawa mulai menunjukkan gejala erupsi pada awal April, kemudian mulai meletus 5 April, dan mencapai puncaknya pada tanggal 10-11 April. Suara letusannya bahkan terdengar hingga Bangka di Sumatera. Letusan Tambora merupakan letusan paling besar yang tercatat dalam sejarah, lebih besar dari letusan Krakatau tahun 1883 dan juga Vesuvius tahun 79. Memakan korban hingga lebih dari 100 ribu jiwa baik langsung maupun tidak langsung. Memusnahkan tiga kerajaan yaitu Dompu, Tambora, dan Pekat  Bahkan pada 1816 Eropa mengalami Tahun Tanpa Musim Panas (A Year Wihout Summer) akibat letusan Tambora ini. Gelapnya langit Eropa akibat letusan Tambora ini juga menjadi inspirasi Mary Shelley untuk membuat Novel “Frankenstein”. Napoleon bahkan kalah di Waterloo karena salah musim dingin yang panjang tidak seperti biasanya.

Dua peristiwa ini terjadi di tahun yang sama, tahun 1815. Apakah tahun 1815 bisa kita bilang tahun yang mengubah dunia?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here