Home Kelas Geologi 3 Tips Yang Harus Diketahui Dalam Menggunakan Palu Versi Belajar Geologi

3 Tips Yang Harus Diketahui Dalam Menggunakan Palu Versi Belajar Geologi

100
0
SHARE

 

Setelah pada artikel sebelumnya membahas perbedaan dasar palu geologi, maka artikel sekarang membahas tips menggunakan palu geologi versi belajar geologi. Pada dasarnya tidak ada aturan baku yang mengatur cara penggunaan palu ini, tergantung situasi dan selera penggunanya. Oleh karena itu, Belajar Geologi akan memberikan tips menarik menggunakan palu geologi. Ada 3 hal yang harus diingat dalam menggunakan palu geologi

palu
penggunaan palu batuan sedimen
  1. Perhatikan bagian mana dari palu yang akan kita gunakan

Sebelum menggunakan palu geologi, perhatikan bagian mana yang akan kita gunakan, apakah bagian depan atau bagian belakang yang runcing pada palu batuan beku dan bagian belakang yang pipih pada palu batuan sedimen. Hal ini penting untuk kemudahan dan keselamatan kita dalam menggunakan palu. Ada baiknya kegunaan dan fungsi tiap bagian digunakan dengan sesuai.

  1. Menentukan bagian batuan yang akan kita pukul

Bagian ini juga ternyata ggs (gampang-gampang sulit) tapi ingat ya tulisan gampangnya lebih banyak daripada sulitnya. Kita membutuhkan contoh batuan yang masih segar, sehingga kita perlu mengambilnya dari tubuh batuan, bukan batuan yang sudah lapuk ataupun bongkahan yang sudah ada di sekeliling kita. Dalam menentukan bagian batuan yang akan kita pukul biasanya kita pilih bagian yang lebih mudah untuk dihancurkan misalnya pada bagian yang terdapat rekahannya, pada bagian ujung, atau bagian lain yang mudah untuk dipecahkan.

  1. Gunakan tenaga secukupnya dengan sudut beberapa derajat

Tips ketiga ini juga tidak kalah penting. Jangan karena kita merasa kuat akhirnya kita memukul batuan dengan tenaga berlebihan. jika batuan yang kita pukul juga sangat keras bisa-bisa palu yang kita pukul terpental dan bisa saja mengenai diri kita maupun orang di sekitar kita. kalaupun bisa pecah pecahannya bisa kemana-mana dan ini juga berbahaya. Gunakan tenaga secukupnya untuk memukul. Apabila dirasakan terlalu sulit untuk memecahkan satu sisi batuan, sebaiknya kita mencari sisi lain yang lebih mudah. Gunakan pula sudut beberapa derajat antara palu dengan batuan serta jaga jarak aman agar meminimalisir resiko terkena pecahan batuan atau terkena pentalan palu.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
penggunaan palu batuan beku

Itu tiga tips dari Belajar Geologi, selamat mencoba, semoga selamat dan sukses!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here