Home Kolumnis 95% Mahasiswa Geologi Bahagia dengan Kuliahnya

95% Mahasiswa Geologi Bahagia dengan Kuliahnya

77
0
SHARE

Sebanyak 95% mahasiswa geologi mengaku bahagia dengan kuliahnya. Pertanyaan yang muncul adalah apa penyebabnya?

Sebanyak 220 ribu mahasiswa di Britania Raya dari semua subjek diminta mengisi kuisioner untuk mengukur tingkat kepuasannya terhadap kuliah yang mereka ambil. Hasilnya, mahasiswa geologi adalah yang paling bahagia diantara mahasiswa-mahasiswa lain. Sebanyak 95% mahasiswa geologi mengaku bahagia dengan kuliahnya. Pertanyaan yang muncul adalah apa penyebabnya?

Situs theguardian.com mengungkapkan salah satu alasannya adalah agenda fieldtrip tahunan ke Spanyol atau Kepulauan Arran dari mahasiswa geologi di Inggris.

Profesor Paul Nathanail dari Universitas Nottingham mengatakan itu hanyalah salah satu dari banyak alasan geologi begitu menyenangkan. Nathanail mengatakan kuliah di geologi akan melakukan banyak praktek.  Mahasiswa geologi sering sekali menggunakan palu, kompas dan larutan HCl. Ini menunjukkan banyaknya praktek lapangan yang dilakukan calon-calon ahli geologi ini.

Geologi juga membuat para mahasiswa berpeluang besar bergabung dalam penelitian-penelitian terkini dan penuh terobosan.

“Jika mahasiswa melihat batuan yang baru, mereka  (mahasiswa geologi) punya peluang untuk menantang cara berfikir yang sudah ada”, masih pendapat Profesor Paul Nathanail.

Pendapat lain datang dari Dr. Ian Sutton yang mencontohkan bagaimana perkembangan teori tektonik lempeng begitu menarik untuk dikaji. Selain itu, masih menurut Dr. Ian Sutton, geologi juga memiliki aplikasi langsung yang dapat dipraktekkan, seperti bagaimana menghadapi banjir atau gempabumi.

Menarik jika kita melihat bagaimana para mahasiswa Inggris ini berfikir tentang kuliahnya. Bagi mereka menyenangkan bisa berkesempatan tergabung dalam penelitian-penelitian mutakhir. Ini mungkin saja pengaruh dari arus sejarah Inggris yang kental akan budaya intelektualnya. Kita kenal betapa bergengsinya Royal Society of London atau organisasi-organisasi intelektual lain. Ataupun yang paling terkenal bagaimana revolusi intelektual yang terjadi di Inggris dipercaya mempengaruhi dunia.

Semoga kebahagiaannya seperti mahasiswa-mahasiswa inggris ini juga menular ke Indonesia. Hingga terobosan-terobosan penting geologi bisa lahir dari Indonesia. Bukankah Indonesia itu laboratorium geologi yang sangat menarik? (gaj)

Referensi :

theguardian.com

gambar : http://cpsx.uwo.ca/wp-content/uploads/2011/04/IMG_2634_Le-groupe_Sudbury_Canada_04-2010-LF.jpg


Geodas_Ad_Article_StartWithTheBasic

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here