Home Berita Terkini Australia Menyetujui Salah Satu Tambang Batubara Terbesar di Dunia

Australia Menyetujui Salah Satu Tambang Batubara Terbesar di Dunia

357
0
SHARE

Ketika Negara-negara besar pengguna energi karbon di dunia sedang berusaha berpindah dari bahan bakar karbon (batubara) – ke energi yang lebih bersih, Australia justru menunjukan hal yang berbeda. Australia masih bersikeras melanjutkan pertambangan batubaranya.

Dikutip dari globalpos.com, Pemerintah Federal Australia mengumumkan Kamis telah menyetujui proposal dari perusahaan pertambangan India Adani untuk membangun salah satu tambang batubara terbesar di Dunia di negara bagian utara Queensland .

Proyek Charmicael senilai 12 Milyar Dollar Amerika ini melibatkan tambang terbuka dan tambang bawah tanah seluas lima kali ukuran Pelabuhan Sydney, menjadikannya tambang batubara terbesar di Australia.

Potensi Batubara yang dihasilkan mencapai 60 juta metrik ton yang akan digali dan dikirim keluar dari Australia melalui Great Barrier Reef setiap tahun jika proyek ini berjalan ke depannya.

 

Awal tahun ini, pemerintah memberikan lampu hijau untuk tambang batubara yang didukung Cina di salah satu wilayah pertanian paling subur Australia, keputusan yang bahkan menteri pertanian pemerintah sendiri mengatakan itu “kegilaan mutlak.” Keputusan Carmichael mengemuka kurang dari dua bulan sebelum konferensi iklim PBB di Paris yang akan mencari kesepakatan global baru tentang perubahan iklim yang mencakup pengurangan emisi gas rumah kaca.Australia sudah menjadi salah satu pelanggar terburuk penghasil emisi karbon, dan dukungan yang berkembang untuk batubara kemungkinan akan menambah tensi pertemuan tersebut. Keadaan ini sudah keluar dari langkah Amerika Serikat dan China yang berusaha untuk mengurangi ketergantungan mereka pada batubara dalam produksi energi. Beijing menutup pembangkit listrik tenaga batu bara dan mematikan ribuan tambang batubara kecil sebagai tindakan untuk mengurangi konsumsi batubara dan memulai investasi dalam energi terbarukan untuk mengurangi polusi beracun di banyak kota Cina. Sementara itu, hukum lingkungan yang lebih ketat dan cadangan besar gas alam murah di Amerika Serikat memicu perpindahan dari listrik tenaga batubara.

sumber : http://www.globalpost.com/article/6669486/2015/10/15/australia-just-approved-one-biggest-coal-mines-world

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here