SHARE

Kita akan mulai sedikit belajar mengenai batuan. Sebelumnya, Ada yang tau apa perbedaan batu dengan batuan? Kalo belum tau itu jadi tugas ya buat para pecinta belajar geologi. Hehe

Menurut Hibbard, M.J (1995) unsur pokok batuan adalah mineral-mineral, kristalin yang berbutir halus, materi nonkristalin, gelas, dan rongga-rongga.

Waduh kok bahasanya belum familiar ya, apasih mineral, kristalin, gelas, dan rongga-rongga?

Tenang, nanti kita bakalan banyak ketemu dengan istilah-istilah yang lebih tidak familiar. Santai aja. hehe

Logo_belajarGeologi

Hibbard mendefinisikan bahwa mineral adalah Kristal-kristal yang terjadi secara alamiah dan merupakan materi pembentuk batuan yang paling umum. Kristal-kristal yang berukuran lempung dalam batulempung, karbonat mikritik, rijang, dan gelas yang terdetrivikasi serta material kriptokristalin atau amorf disebut olehnya sebagai kristalin berbutir halus.

Gimana, tambah bingung gak?

Kita lanjutin dulu ya.

Beberapa batuan, tersusun oleh gelas, misalnya pada obsidian, batuapung, sideromelan, pseudotasilit dan lekatelierit.

Kok tambah bingung ya? Istilah-istilahnya makin gak dikenal.

Tenang, ini baru permulaan.

Rongga-rongga/void pada batuan dianggap sebagai salah satu unsur utama batuan, karena memiliki ukuran, bentuk, dan volume. Sama halnya seperti suatu benda padat. Void melputi rongga-rongga ada lava, rongga miarolit pada granit, porositas primer pada batuan klastik, rongga-rongga dalam breksi serta rongga-rongga hasil pelarutan pada batuan karbonat.

Sabar ya….

Menurut Plummer dkk (2001) batuan adalah materi yang terbentuk secara alamiah, telah terkonsolidasikan, terdiri dari butiran satu jenis mineral atau lebih. Sedangkan Blatt, H. dan Tracy, R.J. (1996) mendefinisikan bahwa batuan terbentuk secara alamiah, disusun oleh agregat-agregat mineral-mineral atau mineraloid yang berhubungan secara mekanik.

Makin Pusing kan? Habis ini istirahat dulu terus nanti cari-cari-cari deh istilah-istilah yang tidak dimengerti dan terus berupaya untuk memahami isi tulisan ini ya.

Terakhir deh.

Secara proses keterjadiannya batuan dibagi menjadi tiga, yaitu batuan beku, batuan sedimen, dan batuan metamorf.

Cukup dulu belajar pengertian batuan hari ini ya. Walaupun masih bingung, semoga makin bersemangat belajar geologi.

 

*Disarikan dari Modul Petrologi, oleh Dr. Ir. Ildrem Syafri, DEA, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Geologi, Bandung. 2002.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here