Home Citation Management

Citation Management

 

Poster_Citation Management_Space

Mulailah Menulis dari Daftar Pustaka

Q : Apa itu Citation Management?

Secara sederhana Citation Management adalah sebuah cara untuk menyimpan, mengelola, dan membagikan koleksi referensi (daftar pustaka) yang kita miliki. Dengan Citation Management yang baik, proses penelitian kita akan menjadi lebih efisien.

Q : Mengapa Citation Management Itu Penting?

Seringkali permasalahan dalam menulis penelitian bukan hanya pada penelitian itu sendiri, tetapi juga pada penulisan daftar referensi. Jumlah referensi yang banyak jika tidak diorganisir dengan baik akan menimbulkan kebingungan ketika pengambilan data. Sehingga pengelolaan daftar referensi yang baik akan membuat penelitian kita menjadi lebih efisien.

Q : Bagaimana caranya mengelola referensi itu?

Ada banyak cara, mulai dari yang konvensional hingga cara modern menggunakan aplikasi. Cara konvensional seperti mengunjungi perpustakaan, mencari berdasarkan kata kunci, mencatat, dan lain sebagainya. Kemudian ada juga cara modern memanfaatkan internet seperti Google Scholar, Scopus, Proquest, dll.

Q : Apakah ada software untuk Citation Management?

Ya ada banyak software untuk membantu kita mengelola referensi baik yang open-source maupun berbayar. Software-software itu diantaranya Zotero, JabRef, DocEar, BibDesk, dan lain sebagainya. Dalam aplikasi populer seperti Microsoft Word juga terdapat fasilitas yang bisa dipakai untuk mengelola referensi.

Q : Apakah ada pelatihan untuk Citation Management ini?

Ya ada. Silakan lihat informasi di bawah ini.

POSTER A4 edited


 

Q : Apa saja yang bisa saya dapatkan dari pelatihan ini?

Secara umum anda akan mendapatkan bagaimana menyimpan, mengelola, dan membagikan referensi yang kita gunakan dengan lebih efisien. Materi-materi tersebut diantaranya :

  1. Cara-cara mengelola referensi (cara lama dan cara baru)
  2. Komponen-komponen Citation Management
  3. Alur Kerja Citation Management
  4. Menggunakan Software Citation Manager

Selain itu, anda juga akan mendapatkan coffee break, sertifikat, dan bonus buku “Hidrogeologi Umum”

Q : Siapa yang akan menjadi pemateri dalam Citation Management Course ini?

Citation Management Course kali ini akan disampaikan oleh Dr. Dasapta Erwin Irawan, S.T., M.T. Beliau aktif mengajar di Program Studi Teknik Geologi (Jenjang Sarjana) dan Program Studi Teknik Air Tanah (Jenjang Magister). Beliau menyelesaikan pendidikan S1, S2, dan S3 di Program Studi Teknik Geologi ITB. Hingga saat ini beliau telah menggeluti bidang hidrogelogi selama kurang lebih 15 tahun. Beliau juga menjadi inisiator R user grup Indonesia, sebuah komunitas pengguna software statistik R yang open source. Beliau juga rutin memberikan Workshop Citation Management di perpustakaan Pusat ITB. Beliau dapat dihubungi via akun twitternya @dasaptaerwin atau lihat juga CV-nya di sini

Q : Saya tertarik, bagaimana caranya mendaftar?

Untuk informasi dan pendaftaran silakan hubungi Ibnu (0852-6302-1192). Tempat terbatas hanya untuk 30 peserta. Biaya pendaftaran sebesar Rp. 120.000 dan Rp. 150.000 jika mendaftar di tempat acara.

Cara daftar melalui sms/ wa, ketik : REG CM <nama anda> <asal instansi> kirim ke 0852-6302-1192