SHARE

“lebih dari 99% sejarah bumi dilalui tanpa manusia”

Bumi yang menjadi rumah bagi manusia dan kehidupan lain ini memiliki sejarah yang amat panjang. Berdasarkan penelitian terkini, bumi dipercaya sudah berumur 4,6 milyar tahun. Waktu yang sangat panjang untuk spektrum waktu hidup manusia. Jika bumi punya sejarah sepanjang itu, bagaimana dengan manusia? Kapan kita mulai hadir di bumi ini?

Bumi pada awalnya bukanlah tempat yang ramah untuk manusia. Bumi pada awal-awal kelahirannya ditabrak oleh meteor secara intens dan dipercaya serbuan meteor ini berakhir pada sekitar 4 milyar tahun lalu. Berakhirnya serbuan meteor ini dikenal sebagai Late Heavy Bombardment. Tanda-tanda adanya serangan yang sangat intens ini dapat terlihat pada bercak-bercak yang terbentuk dipermukaan bulan. Bercak-bercak ini jarang kita temui di bumi karena bumi lebih dinamis dengan adanya pergerakan lempeng dan juga faktor atmosfer yang menyebabkan hilangnya kawah-kawah tabrakan meteor ini.

Atmosfer bumi kaya akan oksigen dipercaya baru terjadi pada sekitar 2,3 milyar tahun lalu, hampir separo perjalanan bumi. Lebih dari 80% sejarah bumi dilalui tanpa kehadiran makhluk hidup bertulang keras. Kehidupan bertulang keras baru hadir pada sekitar 530 juta tahun lalu, atau pada Zaman Kambrium. Peristiwa ledakan populasi makhluk hidup bertulang keras ini dikenal sebagai ledakan kambria (Cambrian Explotion). Masa ini masih sangat jauh dari waktu hadirnya manusia.

Dinosaurus yang terkenal dalam film Jurrasic Park baru hadir pada sekitar 250 juta tahun lalu atau pada Zaman Trias. Kejayaan Dinosaurus memuncak pada Zaman Jura (sekitar 200 sampai 155 juta tahun lalu). Dan pada akhirnya punah pada sekitar 65 juta tahun lalu atau pada berakhirnya Zaman Kapur. Kepunahan dinosaurus ini diduga kuat berkaitan dengan jatuhnya meteor di sekitar Teluk Meksiko.

Manusia dipercaya baru hadir di bumi pada sekitar 2 juta tahun lalu walaupun masih banyak diskusi  mengenai angka ini. Ini artinya lebih dari 99% sejarah bumi dilalui tanpa manusia. Suatu kemunculan yang sangat lama jika dibandingkan dengan 4,6 milyar tahun sejarah yang dilalui oleh bumi. Waktu yang sangat panjang hingga hadirnya manusia di bumi ini mengindikasikan bahwa bumi dipersiapkan begitu matang hingga bisa dihuni manusia. Pertanyaan yang muncul kemudian adalah sebagai manusia, apakah kita sudah cukup bijak memperlakukan rumah kita ini? (gaj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here