Home Wawasan Geotravel Keindahan Geologi Daerah Gunung Api Slamet Part I

Keindahan Geologi Daerah Gunung Api Slamet Part I

72
0
SHARE
Gambar
Gunung Slamet (Kredit : @Kurniawaaaaaan)

Oleh : Kurniawan Syah

Gunungapi Slamet terletak di Jawa Tengah dengan letak -7.24°S / 109.22°E, memiliki ketinggian 3428mdpl. Terletak diantara 5 kabupaten: Tegal, Pemalang, Banyumas, Purbalingga, Brebes.

Gunung api Slamet ini merupakan gunung api Stratovolcano tipe A. gunung api tipe A yaitu gunung api yang tercatat pernah mengalami erupsi magmatik sejak tahun 1600SM dan masih memiliki aktifitas volkanisme sampai saat ini. Gunung api Slamet sampai saat ini memiliki sejarah letusan dari VEI(Volcanic Explosivity Index) 0-2.VEI yaitu skala besaran untuk letusan suatu gunung berapi(0-9: dinilai dengan jumlah ejecta yang dikeluarkan ketika terjadinya letusan)(1).

Memiliki tipe letusan Strombolian, yaitu letusan yang menghasilkan Lava Fountain atau Air Mancur Lava. Letusan Strombolian dapat terjadi ketika magma dari dapur magma(Magma Chamber) naik melalui pipa volkanik(Conduit) yang kemungkinan diakibatkan oleh perbedaan tekanan pada dapur magma atau juga adanya indikasi pembaruan magma yang disebabkan oleh jalur subduksi, mengakibatkan volume pada dapur magma tidak dapat menampung besarnya volume magma yang ada, hal tersebut juga kemungkinan diakibatkan oleh sifat magma Andestik – Basaltik yang memiliki mobilitas cukup tinggi serta viskositasnya yang cukup rendah, juga kandungan gas yang naik mudah melewati keenceran magma/lava tersebut, dan sulit terbentuknya sumbat lava sehingga tidak adanya akumulasi gas yang membuatnya menghasilkan letusan yang eksplosif.

Legenda dan Mitos

Gunung Slamet ini memiliki cerita dan legenda turun temurun, nama Slamet yang berarti artinya Selamat yang diambil dari Bahasa jawa. Nama tersebut digunakan karena masyarakat sekitar percaya bahwa gunung ini tidak pernah meletus besar dan memberikan rasa aman bagi warga sekitar.

Mitos letusan gunung Slamet yang bisa membelah pulau jawa tersebut disinggung oleh ramalan  Sri Aji Joyoboyo yang hidup diawal  abad ke-12 masehi, karena letaknya gunung Slamet yang berada di antara batas pantai utara sampai pantai selatan, karena membentang dari utara-selatan itulah yang kemudian menjadi bahwa letusan gunung Slamet yang besar entah akan terjadi atau tidak, akan membelah pulau jawa. Karena kabupaten tegal sampai cilacap terlihat seperti rekahan raksasa yang membentuk garis lurus. Menurut Joyoboyo, pulau jawa akan terbelah menjadi dua akibat amblesnya permukaan tanah yang membujur garis pantai Laut Jawa (Utara) hingga Samudera Indonesia (Laut Selatan).  Namun benar dan tidaknya mitos dan ramalan tersebut dikembalikan kepada pembaca. Karena kebenaran hanya milik Allah SWT.

Lainnya

Gunung Slamet memiliki banyak manifestasi mata air panas yang berada di Baturraden dan Tegal, di Baturraden tepatnya berada di objek air panas Pancuran 7, dan Tegal tepatnya di objek wisata Guci.

Lalu banyaknya Aliran Lava yang sudah membeku membuat sungai-sungai memiliki air terjun yang cantik ditambah dengan keindahan alam seperti kekar tiang(Columnar Jointing). Serta tambang batuan beku dari Grano-Diorite, Andesit Calc-Alkali, dan Scoria yang digunakan untuk fondasi rumah sampai sebagai bahan tambahan pupuk basa untuk tanah pertanian


 

Daftar Pustaka

http://volcanodiscovery.com/slamet.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Slamet

https://en.wikipedia.org/wiki/Volcanic_explosivity_index

http://daerah.sindonews.com/topic/4728/gunung-slamet/17

http://daerah.sindonews.com/read/902652/22/mitos-letusan-gunung-slamet-membelah-pulau-jawa-1410993240

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here