Home Berita Terkini Pemerintah Restui Kelanjutan Operasi Komplek Pertambangan Grasberg Pasca 2021 Oleh PT. Freeport...

Pemerintah Restui Kelanjutan Operasi Komplek Pertambangan Grasberg Pasca 2021 Oleh PT. Freeport Indonesia

77
0
SHARE

Perusahaan tambang asal Amerika Serikat yang telah beroperasi sejak 1967 di Indonesia yaitu PT. Freeport Indonesia telah mendapatkan restu dari Pemerintah Indonesia untuk melanjutkan operasi komplek pertambangan Grasberg pasca 2021.

freeport

 

Berdasarkan siaran pers Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia nomor 61/sji/2015 tanggal 9 oktober 2015 disebutkan bahwa Freeport-McMoRan Inc. hari ini (9 Oktober 2015) mengumumkan bahwa PT Freeport Indonesia (PTFI) dan Pemerintah Indonesia telah menyepakati operasi jangka panjang dan rencana investasi PTFI.

Pemerintah telah meyakinkan PTFI bahwa Pemerintah akan menyetujui perpanjangan operasi pasca 2021 termasuk kepastian hukum dan fiskal yang terdapat pada kontrak karya.

Chairman of the Board Freeport-McMoRan Inc, James R. Moffett, menyatakan, “Kami sangat senang dengan jaminan kepastian hukum dan fiskal dari Pemerintah Indonesia. Kami berharap melanjutkan kemitraan dan rencana investasi jangka panjang kami untuk memajukan ekonomi, membuka lapangan pekerjaan, dan meningkatkan perekonomian di Papua,”

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said, mengatakan, “Kami menyambut baik kelanjutan investasi Freeport di Papua yang akan meningkatkan perekonomian lokal dan nasional.

Perpanjangan MoU Freeport sendiri sudah dilakukan sejak Januari 2015. Sebelumnya pemerintah berencana mencabut izin ekspor Freeport, namun karena Freeport dianggap berkomitmen membangun pabrik pemurnian mineral emas, pencabutan izin pun dibatalkan.

Beberapa pengamat menilai bahwa keputusan ini seolah bertentangan dengan janji Presiden dalam hal mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakan sektor-sektor ekonomi yang strategis.  Namun di pihak pemerintah sendiri menganggap keputusan ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia termasuk di Papua.

(k’ren)

sumber foto : http://ptfi.co.id/id/media/photo-gallery/kegiatan-operasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here