SHARE

Menjadi ahli geologi adalah pilihan yang akan menuntun kita pada resiko di lapangan yang sulit diduga. Karena kita tidak mungkin memindahkan gunungapi, misalnya, ke dalam lab untuk diamati aktivitasnya. Ahli geologilah yang harus mendatangi gunungapi untuk mengamati aktivitasnya.

Salah satu kisah yang menggambarkan betapa tinggi resiko menjadi ahli geologi adalah kisah Dave Johnstons. Dave adalah anggota tim United States Geological Survey (USGS) yang bertugas mengamati Gunung St. Helens. Dave dan tim bekerja siang & malam mengamati Aktivitas Gunung St. Helens.

Ironisnya, Dave menjadi korban meletusnya Gunung St. Helens pada 18 Mei 1980. Aktifnya Gunung St. Helens pada Maret 1980 membuat USGS mengirim tim untuk memantau perkembangan Gunung ini. Dave termasuk satu diantara tim pertama yang tiba untuk memantau Gunung St. Helens.

Dave lulus dari Universitas Illinois pada tahun 1971. Dia menyelesaikan Disertasi doktoralnya pada tahun 1978 di Universitas Washington. Dave memiliki minat yang sangat tinggi tentang vulkanisme. Pada tahun 1978 juga ia bergabung dengan USGS dan ditugaskan mengamati emisi vulkanik di Alsaka dan Cascade Range.

Lipman dan Mullineaux, dari situs usgs.gov, mengatakan bahwa Dave adalah sosok yang yang berdedikasi dan pekerja-keras. Untuk mengenang dedikasinya salah satu tempat di Gunung St. Helens dinamai “Johnston Ridge”.

Semoga dari cerita ini kita bisa belajar tentang arti dedikasi. Juga kita belajar untuk selalu waspada dan berhati-hati dalam setiap aktivitas yang kita lakukan.

Referensi :

usgs.gov

Gambar dari usgs.gov

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here