SHARE

Pulau Sholan terbentuk di tahun 2011 sementara sang adik, Pulau Jadid, terbentuk di tahun 2013.

Sholan dan Jadid,
Dua Pulau Baru di Laut Merah, Sholan dan Jadid (gambar : https://www.sciencenews.org/article/eruptions-create-new-islands-red-sea)

Pulau baru yang bernama Sholan dan Jadid terbentuk di Laut Merah. Pulau Sholan terbentuk di tahun 2011 sementara sang adik, Pulau Jadid, terbentuk di tahun 2013. Kemunculan dua pulau baru ini erat kaitannya dengan aktivitas tektonik yang aktif di antara Afrika dan Asia. Batas lempeng divergen yang dikenal sebagai East African Rift berada sepanjang Laut Merah, menjadi batas antara Afrika dan Asia.

Scott K. Johnson, dari arstechnica.com, mengatakan bahwa erupsi pertama yang menghasilkan Pulau Sholan ditemukan oleh nelayan pada pertengahan desember 2011. Erupsi ini berlangsung selama kurang lebih satu bulan.

Selain aktivitas endogen yang aktif, aktifitas eksogen juga berpengaruh signifikan pada pulau baru ini. Angin yang bertiup menghantam dan membentuk pulau baru ini. Kawah yang terbentuk di pulau ini juga terisi oleh air.

Pada September 2013, sekitar 8 kilometer dari Sholan, erupsi baru kembali terjadi. Erupsi ini berlangsung selama hampir dua bulan dan melahirkan Pulau Jadid. Pulau Jadid ini mencapai ketinggian 186 meter di atas permukaan laut dan memiliki luas sekitar 0,7 kilometer persegi.

Fenomena terbentuknya pulau baru merupakan hal yang sangat menarik. Beruntunglah peneliti dari King Abdullah University of Science and Technology, Wenbin Xu, Joel Ruch, dan Sigurjon Jonsson. Para peneliti ini memanfaatkan citra satelit dan pengukuran elevasi permukaan untuk mengamati kelahiran pulau baru ini.  Para peneliti ini menggunakan satelit yang sensitif untuk mendeteksi perubahan pada elevasi permukaan.

Batas Lempeng divergen di antara Afrika dan Asia ini dikenal sebagai East African Rift. Kedua lempeng ini bergerak saling menjauh dengan kecepatan sekitar 6 mm per tahun. Di batas lempeng ini aktivitas vulkanik sangat aktif, menyebabkan magma keluar dan menghasilkan rangkaian gunungapi di bawah laut. Jika akumulasi material vulkanik yang keluar ini cukup, kita bisa melihat gunungapi ini tumbuh hingga di atas permukaan laut, seperti Pulau Sholan & Jadid yang terbentuk ini.


 

Video erupsi yang membentuk Pulau Sholan, 2011 (Video oleh Jamal Sholan) :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here