SHARE
Danau Kawah yang berwarna hijau pastel
Danau Kawah yang berwarna hijau pastel
Danau Kawah yang berwarna hijau pastel

Kawah Putih merupakan kawah yang terbentuk dari aktivitas terakhir Gunung Patuha yang berlokasi di Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Pada awalnya, aktivitas gunungapi di kawasan ini dimulai dari pembentukan Gunung Patuha Tua, disusul dengan pembentukan Gunung Patuha. Gunungapi ini tidak meletus lagi sejak tahun 1600, namun tanda-tanda letusan gunungapi ini masih dapat terlihat dari adanya kawah solfatara dan fumarola.

Bagi Anda yang pernah berkunjung ke lokasi wisata geologi atau geowisata ini, pernahkah Anda memperhatikan bagian mana dari kawah ini yang berwarna putih sehingga disebut kawah putih?

Pernahkah Anda memperhatikan bagian mana dari kawah ini yang berwarna putih sehingga disebut kawah putih?

Kebanyakan wisatawan ketika datang perhatiannya langsung terfokus pada bau belerang yang menyengat. Air danau kawah yang berwarna hijau pastel pun begitu indah memesona mata yang haus akan keindahan. Oleh karena itu, jarang sekali wisatawan memperhatikan bagian putih dari kawah ini.

Ada dua bagian yang berwarna putih di kawah ini. Yang pertama adalah warna pasir pantai kawah yang putih dan yang kedua warna kabut putih yang biasa menyelimuti kawasan ini.

Bila Anda sudah menyadari pasir yang diinjak di kawah ini berwarna putih maka sekali-kali Anda pun harus naik ke bagian yang lebih tinggi dan perhatikan kabut putih yang menyelimuti kawah ini. Sungguh indah luar biasa.

pasir dan kabut yang berwarna putih
pasir dan kabut yang berwarna putih

Bagi Anda yang belum pernah berkunjung, sesekali luangkan waktu mengunjungi lokasi geowisata yang satu ini di sela-sela liburan anda. Rasakan kesegaran udaranya dan nikmati keindahan pemandangan alamnya.

 

-Kang ren-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here