Home 140 Tahun Erupsi Krakatau Aktivitas Vulkanik Gunung Anak Krakatau Tahun 2022

Aktivitas Vulkanik Gunung Anak Krakatau Tahun 2022

80
0
SHARE

Gambar tersebut diambil oleh misi Copernicus Sentinel-2 Lembaga Antariksa Eropa (ESA). Terlihat pada gambar tersebut sedang terjadi erupsi pada Gunung Anak Krakatau pada hari Kamis, 3 Februari 2022, pukul 16.15 WIB. Tinggi kolom erupsi yang teramati mencapai sekitar 200 m diatas puncak kawah. Kolom abu yang teramati berwarna putih keabuan tersebut berjalan dengan intensitas sedang ke arah utara hingga melewati pulau Rakata. Letusan tersebut berlanjut hingga tanggal 5 Februari dan tercatat lebih dari 10 kali terjadi erupsi pada gunung tersebut.

Menurut Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari “Berdasarkan data visual dari PVMBG, itu semua mengindikasikan bahwa erupsi yang terjadi bertipe magmatik, sejalan dengan kegempaan vulkanik yang terekam. Adapun kegempaan gunungapi Anak Krakatau sendiri telah terjadi sejak 16 Januari – 4 Februari 2022 dan ditandai dengan terekamnya gempa-gempa vulkanik dan gempa permukaan yang mengindikasikan adanya intrusi magma dari bawah ke permukaan secara bertahap. Jika dilihat dari data visual dan instrumental, gunungapi ini masih berpotensi untuk erupsi.

Pada saat yang sama, ancaman yang muncul dari fenomena geologi yang terjadi di Gunung Anak Krakatau saat ini melibatkan lontaran lava pijar, fragmen piroklastik, dan aliran lava. Debu vulkanik dalam jumlah besar berpotensi menyebar di sekitar kawah dalam jarak 2 km dari pusat aktivitas vulkanik. Sedangkan, partikel debu yang lebih halus memiliki potensi untuk menjangkau wilayah yang lebih luas tergantung pada arah dan kecepatan angin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.