SHARE
via Wikimedia Commons (CC BY 2.0)

Gambar di atas merupakan gambar dari citra satelit Sentinel-2 yang diambil oleh Pierre Markuse dengan lebar 16 KM. Pada gambar tersebut terlihat 3 pulau yang mengelilingi Gunung Anak Krakatau (Rakata, Sertung, dan Panjang) serta Gunung Anak Krakatau yang sedang erupsi pada hari Jumat, 12 Mei 2023 di pagi hari, tepatnya pukul 09.20 WIB dengan tinggi kolom erupsi yang teramati mencapai sekitar 2500 m di atas kawah. Terlihat kolom erupsi berwarna kelabu dengan intensitas tebal melaju ke arah barat daya, selain itu terlihat pula magma yang masih berada di kawah gunungapi tersebut.

Gunung ini tercatat sudah erupsi dari tanggal 11 Mei 2023 pukul 12:41 WIB dengan ketinggian kolom erupsi yang lebih rendah dan intensitas yang lebih tipis. Pada catatan yang ada, erupsi terakhir pada rangkaian erupsi ini adalah saat 13 Mei 2023, pukul 07:10 WIB dengan tinggi kolom erupsi dan intensitasnya yang lebih tinggi dari yang tanggal 11, namun lebih rendah dari yang tanggal 12.

Menurut Petugas Pos Pengamatan Gunung Anak Krakatau Deny Mardiono, “erupsi yang terjadi di Gunung Anak Krakatau itu terekam pada seismograf dengan amplitudo maksimum 70 milimeter. Sementara durasinya kurang lebih 2 menit 12 detik. Tidak terdengar dentuman dari erupsi tersebut dan kini Gunung Anak Krakatau berada pada status level III atau siaga yang ditetapkan sejak 24 April 2022, para masyarakat sekitar dan wisatawan juga dilarang mendekati kawah aktif tersebut dalam radius 5 KM “.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.