SHARE
Film Krakatoa, East of Java (m.brilio.net)

Meletusnya Gunung Krakatau menjadi sejarah yang tak akan terlupakan oleh dunia. Akibat dari letusan dahsyat yang menyebabkan puluhan ribu orang meninggal ini menyisakan cerita yang cukup menarik untuk diulas hingga sekarang. Bencana luar biasa ini menarik perhatian banyak orang dan bahkan kisah Krakatau ini banyak diangkat menjadi sebuah film, salah satunya berjudul “Krakatoa, East of Java.”

“Krakatoa, East of Java” merupakan sebuah film bencana tahun 1969 yang disutradarai oleh Bernard L. Kowalski dan ditulis oleh Cliff Gould. Meskipun judulnya menyebut “Krakatoa, East of Java,” lokasi letusan Krakatau sebenarnya berada di barat Jawa, bukan di timur. Film ini menggambarkan ulang peristiwa bagaimana bencana itu meluluhlantakkan lingkungan di sekitarnya lewat sebuah film. Film ini dinominasikan untuk Efek Visual Terbaik (Oscar) dan pada 1970an, film tersebut dirilis ulang dengan judul Volcano.

Salah satu scene dalam Film “Krakatoa, East of Java” (dvdbeaver.com)

Film yang berdurasi 2 jam 11 menit ini merupakan genre drama petualangan yang dirilis pada tanggal 14 Mei 1969 di Amerika Serikat. Krakatoa East of Java (1968) ini mengisahkan tentang petualangan yang berlatar suasana tahun 1883 di mana Kapten kapal Hanson merencanakan misi penyelamatan kapal yang karam di Hindia Belanda (Indonesia). Misi tersebut mempunyai tujuan utama yaitu untuk mengambil dan menyelamatkan muatan mutiara tetapi letusan gunung berapi yang tidak terduga menghancurkan misi tersebut.

Meskipun memiliki adegan spektakuler dan efek khusus yang maju untuk masanya, film ini memiliki beberapa kesalahan sejarah dan geografi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.