SHARE
Aksi band Krakatau saat menghibur para penggemarnya di Jakarta. (Fernando Randy/Historia)

Band Krakatau adalah grup idola jazz dan pop remaja Indonesia yang namanya terinspirasi dari nama sebuah gunung berapi yang erupsinya sangat terkenal, yaitu Gunung Krakatau.

Grup ini digerakkan oleh Dwiki Dharmawan dan Pra Budi Dharma. Namun dalam perjalanan kariernya grup musik ini mengalami banyak pergantian personel hingga perubahan genre musiknya mulai dari jazz, rock dan jazz fusion, tetapi kini juga bergenre World Jazz.

Krakatau dibentuk pada tahun 1985 di tempat kediaman Pra Budi Dharma di Cipaganti, Bandung atas prakarsa Pra Budi Dharma dan Donny Suhendra.

Mereka bersepakat membentuk sebuah grup musik yang berkiblat pada musik-musik fusion jazz. Pertama tercetus ide dengan menggunakan nama Delta, kemudian Mesopotamia, dan akhirnya pilihan jatuh pada nama Krakatau, yang kebetulan letak geografisnya juga di daerah Jawa Barat sesuai dengan asal grup musik ini dibentuk.

Donny Suhendra dan Dwiki Darmawan, pendiri Krakatau. (Fernando Randy/Historia)

Krakatau tampil untuk pertama kalinya di Bumi Sangkuriang di acara Tahun Baru 1985. Dengan format awal tanpa menggunakan seorang vokalis. Kehadiran Krakatau terasa membawa warna lain karena memainkan jazz fusion yang pada waktu itu masih tergolong jarang dan tak biasa. 

Krakatau makin lama makin unjuk gigi, terlihat pada penampilannya pada Yamaha Light Music Contest 1985, Krakatau meraih Grand-prize Winner dan tour ke Jepang bersama Yamaha. Krakatau mulai dikenal masyarakat luas saat mengisi acara Friday Jazz di TVRI dan konser tunggal di Pasar Seni Ancol, yang berhasil mendatangkan 20.000 penonton, di bawah management Mahavishnu Agency, Nunus Utomo. Dalam pertunjukkan itu, Krakatau memainkan jenis jazz fusion ala Miles Davis dan berhasil sukses memikat dan memukau para pengunjung penikmat jazz.

Pada tahun 2013, atas gagasan Donny Hardono dari DSS, Krakatau mengumumkan konser mereka yang berjudul Krakatau Kembali Satu dengan formasi Pra Budi Dharma (Bass), Gilang Ramadhan (Drum), Donny Suhendra (Gitar), Trie Utami (Vokal), Indra Lesmana (Keyboard) dan Dwiki Dharmawan (Keyboard, Vokal). Pada tahun 2014, mereka tampil di Java Jazz Festival di bawah nama Krakatau Reunion.

Sempat vakum, kini Krakatau lahir kembali. (Fernando Randy/Historia).

Pada tahun 2019, Krakatau Reunion resmi bertransformasi kembali menjadi Krakatau, dan sekaligus mempertandakan kembalinya Gilang, Donny, Trie, dan Indra di formasi utama atau formasi album rekaman awal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.