SHARE

Lukisan John Webber tentang kondisi lingkungan Pulau Krakatau (Crakatoa). Lukisan ini dibuat sebagai bagian dari ekspedisi HMS Resolution dan Discovery ketika berlabuh di Pulau Krakatau pada tahun 1780. Ketika itu armada Inggris tersebut dalam misi pulang setelah Kapten James Cook meninggal dunia di Hawaii. John Webber adalah seorang pelukis asal Inggris yang menemani Captain Cook pada ekspedisi Pasifik ketiganya.

Letusan terakhir Gunung Krakatau sebelum kunjungan Webber terjadi pada tahun 1680, sehingga ketika mereka tiba, para awak kapal menemukan tempat yang bersahabat dengan vegetasi yang lebat dan subur. Dalam beberapa seri lukisan Webber ini, kita dapat melihat berbagai flora seperti pohon pisang raja, palem kipas, dan juga pohon kelapa yang tumbuh di pulau Krakatau saat sebelum meletus di tahun 1883.

Mengingat suburnya kondisi vegetasi di sana, Pulau Krakatau berkembang dengan pesat sebagai pulau hunian. Hingga abad ke-18 kondisi ekosistem Krakatau tidak tampak mengalami degenerasi.  Hal itu tersirat dari laporan petualang Inggris James Cook pada 1780 yang menyinggung tentang Krakatau. Dalam amatannya, pulau itu ditutupi dengan pepohonan dan tampak para penghuninya membersihkan hutan untuk ditanami padi. (Backer, 1929: 15).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.